Pengadilan Tinggi Ambon, Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan empat Lingkungan Peradilan Tingkat Pertama di kota Ambon (Pengadilan Negeri , Pengadilan Agama, Pengadilan Tata usaha Negara dan Pengadilan Militer), secara bersama-sama merayakan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019.

Perayaan HUT yang ke 74 Mahkamah Agung RI  ini diadakan di Pengadilan Tinggi Ambon dengan menggelar senam bersama segenap warga peradilan yang berada  di kota ambon pada hari Jumat, 16 agustus 2019. Para pejabat dan pegawai dari keempat lingkungan peradilan tersebut  mengikuti dengan penuh antusias kegiatan senam yang diadakan di halaman kantor  Pengadilan Tinggi Ambon.

Selain merayakan kegiatan senam bersama, keenam instasi peradilan itu mengadakan upacara bersama untuk memperingati HUT Mahkamah Agung RI yang ke 74. Pada hari senin,19 agustus 2019, Upacara dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi, dilanjutkan dengan tasyakuran dan makan bersama segenap warga peradilan dan anggota dharmayukti karini kota Ambon.

Dalam rangka menyemarakkan HUT Republik Indonesia dan HUT Mahkamah Agung RI yang ke 74, Pengadilan Agama Ambon Kelas 1 A mengadakan kegiatan kejuaraan tenis meja dan bakti sosial ke Panti Asuhan Yayasan Al-Madinah Ambon.

  

Kejuaraan tenis meja dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Ambon, Drs. H.M. Syaukany, MHI. Kegiatan ini  berlangsung pada hari Kamis 15 agustus 2019 dan diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional, staf pelaksana dan tenaga kontrak. Kejuaraaan berlangsung selama 1 hari dan dimenangkan oleh Ketua Pengadilan Agama Ambon ( Drs. H.M. Syaukany., MHI) yang berpasangan dengan Panitera  Pengadilan Agama Ambon, Drs. Bachtiar sebagai juara pertama.

Sedangkan kegiatan bakti sosial diadakan pada hari Minggu, 18 agustus 2019. Dalam Bakti Sosial, para pegawai Pengadilan Agama Ambon mengumpulkan beras, mie instan, telur dan bahan sembako lainnya untuk diberikan ke Panti Asuhan Al Madinah yang berlokasi di desa Batu Merah Ambon. Pemberian  bantuan ini langsung dipimpin oleh ketua Pengadilan Agama Ambon.

Bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A para pimpinan Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A, yakni Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural serta Pegawai maupun Honorer di lingkungan Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A mengikuti apel pagi di hari senin 22/07/2019. Hal ini merupakan suatu rutinitas yang dilaksanakan setiap hari senin pagi di Pengadilan Agama Ambon.

 

 

 

Sekretaris Pengadilan Agama Ambon, H. Muhammad Ali B., S.Ag bertindak selaku Pembina Apel, didalam sambutannya beliau menyampaikan 2 hal kepada peserta apel. Yang pertama mengenai kunjungan kerja bersama Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Ambon di Medan dalam rangka menghadiri acara “Penutupan Proyek EU-UNDP SUSTAIN”. Dalam penyampaiannya beliau mengatakan UNDP-SUSTAIN bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI melakukan pembaruan peradilan melalui sistem pengawasan, manajemen perkara, pelatihan teknis dan manajemen SDM. Untuk itu diharapkan agar seluruh komponen ASN peradilan khususnya Pengadilan Agama Ambon dari hasil kerjasama tersebut dapat menjadi bekal dapat meningkatkan kedisiplinan, kompetensi dan kinerjanya. Apalagi zaman sekarang ini kita dihadapkan pada zaman digitalisasi, sehingga sebagai ASN harus berusaha dan berupaya untuk mampu mengikuti dan terlibat dalam perubahan tersebut. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pengadilan-pengadilan di negara lain seperti Belanda, Sistem peradilannya sudah menggunakan sistem digitalisasi yaitu sistem yang penanganan berkas perkaranya tanpa menggunakan kertas. Oleh karena itu Mahkamah Agung untuk kedepannya akan menerapkan sistem digitalisasi tersebut ke seluruh pengadilan-pengadilan di seluruh Indonesia.

Penyampaian kedua beliau menyampaikan informasi bahwa telah dikeluarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian / Inpassing. Oleh karena itu kepada pegawai Pengadilan Agama Ambon yang berminat dan memenuhi syarat sesuai bidang dan kompetisinya, diharapkan bisa mendaftarkan diri dan melengkapi berkasnya serta menyerahkan kepada bagian kepegawaian yang nantinnya akan diusulkan ke pusat melalui Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Pada hari Senin tanggal 01 Juli 2019, bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A ketua Pengadilan Agama Ambon, Drs. H.M.Syaukany., MHI, melantik Panitera Pengganti Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A a.n Dra. Nahma Tuankotta, Hj. Sitti Patty, S.Ag, Hasniar Surudji, S.Ag. Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Sekretaris Mahkamah Agung tentang Promosi Mutasi Pejabat Struktural Pengadilan Di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejajabat Fungsional, Pegawai Pengadilan Agama Ambon serta dihadiri oleh ibu-ibu Majelis Taklim  Pengadilan Agama Ambon. Acara dimulai dengan pengambilan sumpah jabatan, pernyataan Pakta Integritas serta sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Ambon.

 

Acara Pelantikan ini dirangkaikan juga dengan acara Pengantar Alih Tugas 4 pegawai Pengadilan Agama Ambon yaitu Syarif Hidayat Ibnu Hadjar, SHI yang akan beralih tugas ke Pengadilan Agama Namlea sebagai Panitera Pengganti, Sofyan Ahmad, SH sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Tual, Erna, SHI sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dan Marianti Idrus, S.ST, MH sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa.

Itsbat Nikah terutama dalam lingkungan peradilan agama adalah persoalan yang menarik. Hal demikian karena istbat nikah terkait dengan banyak aspek antara lain aspek yurisdis, sosiologis, ekonomis bahkan humanis. untuk itu dalam rangka memberikan pelayanan hokum yang prima kepada masyarakat, maka Pengadilan Agama Ambon Kelas I. A melaksanakan sidang diluar gedung Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A dengan malakukan verifikasi dan pendaftaran perkara diluar gedung Pengadilan Agama Ambok Kelas I.A.

 

khususnya pendaftaran Itsbat Nikah yang bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah. Itsbat Nikah yang dilaksanakan di Pulau Haruku Desa Pelauw pada tanggal 17 s.d 18 Juni 2019 adalah Itsbat Nikah regular dimana pihak berperkara yang membayar semua administrasi biaya perkara yang terdiri dari biaya pendaftaran perkara, biaya proses (ATK), biaya PNBP panggilan pertama kepada pemohon I dan pemohon II, biaya penggilan para pihak , biaya redaksi, materai dan biaya pengambilan salinan putusan. Antusias dari masyarakat sekitar Kecamatan Pulau Haruku atas tersenggaranya kegiatan ini dapat dilihat dengan jumlah perkara yang terdaftar cukup signifikan yaitu sebanyak 26 perkara. Adapun Tim yang bertugas dalam pelaksanaan verifikasi dan pendaftaran perkara Itsbat Nikah di Kecamatan Pulau Haruku terdiri  dari  Bapak Drs. Bachtiar (Panitera PA. Ambon Kelas I.A ) selaku Ketua Tim, Ibu Hj. Elma Latuconsina, S.H ( Panitera Muda Hukum PA. Ambon Kelas I.A) selaku Petugas Kasir, Bapak Drs. Abdul Lamasano ( Panitera Muda Permohonan PA. Ambon Kelas I.A) selaku Petugas Pendaftaran Perkara, Ibu Endang Hatapayo ( Jurusita Pengganti PA. Ambon Kelas I.A) dan Bapak Fauzan Azimah Tuasikal, S.H (Jurusita Pengganti PA. Ambon Kelas I.A).

   

Pada hari Rabu, 15 Mei 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Ambon dilaksanakan acara Pengantar Alih Tugas dan Purnabakti sekaligus dirangkaikan dengan acara Buka Puasa Bersama Ramadhan 1440 dan pemberian santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Al-Madinah Ambon.

Pengantar Alih Tugas 2 hakim Pengadilan Agama Ambon kelas 1 A yang akan dimutasi ke Pengadilan Agama Watampone Kelas 1 A adalah Drs. Dasri Akil, SH dan Drs. Salahuddin SH,MH. Sedangkan acara perpisahan purnabakti  Panitera Pengganti  Pengadilan Agama Ambon adalah Dra.H. Siti Nurwati.

Kesan dan pesan dari kedua hakim selama bertugas di Ambon yaitu mereka sangat terkesan dengan sikap orang Ambon. “Dorang dapa lia kasar, tapi sebaliknya hati dorang lembut,  mungkin itu juga karena dorang tinggal dekat laut jadi suara dorang  basar-basar ” ujar pak salahuddin sambil diiringi tawa para peserta undangan buka puasa bersama. Pak Dasri menyampaikan permohonan maaf dan berterima kasih kepada rekan-rekan hakim, seluruh pejabat structural dan fungsional serta pegawai,  khusus kepada rekan-rekan hakim beliau berterima kasih karena kerjasama yang sungguh luar biasa baik dalam situasi santai dan situasi tegang dalam memecahkan persoalan-persoalan hukum.

Adapun yang membawakan pesan mewakili pegawai adalah Drs. Akhiru,SH, yang dalam kesempatan itu berpesan kepada beliau berdua untuk selalu mengingat 3 hal yang menjadi pegangan dimanapun bertugas.Yang pertama adalah menaati aturan, yang kedua adalah menjalankan perintah agama dan menjauhi laranganNya dan ketiga adalah adat istiadat, selalu menghormati dan menghargai adat istiadat setempat dimanapun kita berada.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari yayasan Al-Madinah sebanyak 20 orang, yang santunannya diserahkan langsung oleh Ketua Drs. H. M. Syaukani, MH didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Ambon. Acara inipun ditutup dengan pembacaan zikir dan sholawat sambil menunggu waktu berbuka puasa.