Pada hari Rabu, 15 Mei 2019 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Ambon dilaksanakan acara Pengantar Alih Tugas dan Purnabakti sekaligus dirangkaikan dengan acara Buka Puasa Bersama Ramadhan 1440 dan pemberian santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Al-Madinah Ambon.

Pengantar Alih Tugas 2 hakim Pengadilan Agama Ambon kelas 1 A yang akan dimutasi ke Pengadilan Agama Watampone Kelas 1 A adalah Drs. Dasri Akil, SH dan Drs. Salahuddin SH,MH. Sedangkan acara perpisahan purnabakti  Panitera Pengganti  Pengadilan Agama Ambon adalah Dra.H. Siti Nurwati.

Kesan dan pesan dari kedua hakim selama bertugas di Ambon yaitu mereka sangat terkesan dengan sikap orang Ambon. “Dorang dapa lia kasar, tapi sebaliknya hati dorang lembut,  mungkin itu juga karena dorang tinggal dekat laut jadi suara dorang  basar-basar ” ujar pak salahuddin sambil diiringi tawa para peserta undangan buka puasa bersama. Pak Dasri menyampaikan permohonan maaf dan berterima kasih kepada rekan-rekan hakim, seluruh pejabat structural dan fungsional serta pegawai,  khusus kepada rekan-rekan hakim beliau berterima kasih karena kerjasama yang sungguh luar biasa baik dalam situasi santai dan situasi tegang dalam memecahkan persoalan-persoalan hukum.

Adapun yang membawakan pesan mewakili pegawai adalah Drs. Akhiru,SH, yang dalam kesempatan itu berpesan kepada beliau berdua untuk selalu mengingat 3 hal yang menjadi pegangan dimanapun bertugas.Yang pertama adalah menaati aturan, yang kedua adalah menjalankan perintah agama dan menjauhi laranganNya dan ketiga adalah adat istiadat, selalu menghormati dan menghargai adat istiadat setempat dimanapun kita berada.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari yayasan Al-Madinah sebanyak 20 orang, yang santunannya diserahkan langsung oleh Ketua Drs. H. M. Syaukani, MH didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Ambon. Acara inipun ditutup dengan pembacaan zikir dan sholawat sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Senin, 13 Mei 2019, sebagaimana biasanya setiap hari senin para pegawai Pengadilan Agama Ambon kelas IA menjalankan apel pagi sebelum memulai rutinitas kantor. Apel merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah intansi/organisasi karena dalam apel akan membiasakan sikap disiplin dan komitmen pegawai, selain itu memiliki manfaat terjalinnya hubungan kekeluargaan dan kebersamaan sesama pegawai. Dalam apel akan memudahkan penyampaian evaluasi kinerja, penguatan visi, misi dan sasaran sehingga prosentase pencapaian target dapat lebih dioptimalkan.

 

Drs. Dasri Akil,SH, bertindak selaku Pembina Apel  menyampaikan salam perpisahan karena beliau akan dimutasi ke pengadilan Agama Watampone kelas IA. Beliau dalam penyampaiannya juga berpesan agar kinerja terus dipacu mengingat pada saat ini peringkat SIPP PA Ambon  sudah mulai ada  kemajuan.  semua itu tak luput dari kerja keras seluruh aparatur Pengadilan Agama Ambon terutama  dari Majelis Hakim, Panitera Pengganti maupun Jurusita.

Bertempat di negeri Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah pada hari Ahad sore tanggal  5 Mei 2019, tim pengamat hisab rukyat dari Pengadilan Agama Ambon yang diwakili oleh wakil Ketua Pengadilan Agama Ambon kelas I.A, Drs. Usman, SH.MH bersama Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Ambon, Drs. Abdul Lamasano melakukan pemantauan bersama dengan Kanwil Kementerian Agama Maluku, Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, NU, TNI, Polda Maluku, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku dan beberapa ormas-ormas Islam lain yang berada di provisi Maluku.

  

Adapun hasil pengamatan tersebut tidak dapat dilihat karena keadaan mendung, ijtima’  terjadi pada pukul 07:45 WIT, waktu terbenam matahari yaitu pada pukul 18:32 WIT,azimuth matahari 286° 18’ 56”, waktu terbenam bulan pada pukul 18:55, tinggi hilal pada saat itu 4° 39’ 46”, umur bulan yaitu 10 jam 47 menit 32 detik, lamanya bulan (selisih antara waktu terbenam bulan dan matahari) adalah 0 jam 22 menit 42 detik, , demikian penjelasan yang disampaikan oleh wakil ketua Pengadilan Agama Ambon kelas I.A, Drs. Usman, SH.MH.

 

Ambon, pada tanggal 29/04/2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A telah dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) antara Pengadilan Agama Ambon dengan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia, POSBAKUMADIN Maluku. Penandatanganan ini ditandatangani oleh ketua Pengadilan Agama Ambon, Drs. H.M.Syaukany., MHI dan perwakilan POSBAKUMADIN Maluku oleh Ruslan Abdul Ajid Tuhulele, SH.

Ucapan terima kasih disampaikan Ruslan Abdul Ajid Tuhulele, SH kepada ketua Pengadilan Agama Ambon karena telah mengizinkan POSBAKUMADIN Maluku untuk piket di Posbakum Pengadilan Agama Ambon. Dia juga menyampaikan Nota Kesepahaman (Mou) ini adalah sesuai dengan amanat undang-undang, beliau berjanji akan melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

                

Sedangkan ketua Pengadilan Agama Ambon berpesan dalam pelaksanaan bantuan hukum pihak dari advokat memberikan bantuan yang maksimal, karena banyak orang yang datang belum paham dengan masalah hukum. “Bantulah dengan hati memberikan kepuasan kepada masyarakat pencari keadilan, karena kami disini bagi yang baru berperkara kami selalu mengarahkan ke Posbakum dengan tujuan agar mereka dapat lebih paham dalam proses berperkara khususnya bagi orang yang tidak mampu” ujar ketua Pengadilan Agama Ambon dalam sambutannya.

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A pada hari Rabu tanggal 23 April 2019, ketua Pengadilan Agama Ambon, Drs. H.M.Syaukany., MHI, melantik Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi Dan Pelaporan a.n Nurjanna Wasahua, S.Kom. Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Sekretaris Mahkamah Agung tentang Promosi Mutasi Pejabat Struktural Pengadilan Di Lingkungan Mahkamah Agung RI pada tanggal 21 Maret 2019.

Acara berlangsung khidmat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang mengikuti acara pelantikan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan, pernyataan Pakta Integritas serta sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Ambon dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Senin 29/04/2019 Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A, melaksanakan apel pagi di halaman Kantor. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari senin ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat fungsional dan pejabat struktural serta seluruh pegawai maupun honorer di lingkungan Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A.

Selaku pembina apel, Sekretaris Pengadilan Agama Ambon Kelas 1.A., yakni H. Muhammad Ali B., S.Ag, menyampaikan bahwa kita sebentar lagi akan memasuki Bulan Ramadhan, dan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor Surat 394 Tahun 2019 Tentang Penetapan Jam Kerja Pada Bulan Ramadhan, Maka  Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A, sebagai Instansi pemerintah yang memberlakukan 5 Hari kerja dengan jadwal sebagaimana yang tertera dalam Keputusan Permenpan Tersebut sebagai berikut: