Ambon|13 September 2016| www.pa-ambon.go.id

Dalam rangka merayakan hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Senin, 12 September 2016. Pengadilan Agama Ambon Klas IA menggelar penyembelihan hewan qurban sehari sesudah Idul Adha. Pada pelaksanaan qurban kali ini Alhamdulillah Pengadilan Agama Ambon dapat berqurban 6 (enam) ekor sapi, sumbangan dari seluruh Pegawai PA Ambon.

 

Pemotongan hewan qurban ini dilaksanakan di halaman belakang Kantor Pengadilan Agama Ambon yang disaksikan oleh para Hakim, Pejabat Struktural, Fungsional, Pegawai serta Panitia qurban Pengadilan Agama Ambon dan Mahasiswa Magang Fakultas Syariah IAIN Ambon. Pelaku Eksekutor penyembelih hewan Qurban Ustadz Abu Azzam yang dibantu oleh tenaga profesional yang disewa untuk menguliti hewan qurban. Setelah hewan qurban dipotong dan dikuliti, para Pegawai bahu membahu dan bersama-sama memotong-motong daging sapi qurban untuk ditimbang sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.

Setelah daging qurban dikantongi dan dikumpulkan, Rusna Styastuti, SH (Panmud Hukum) memimpin jalannya pembagian daging qurban yang diperuntukkan kepada fakir miskin, yatim piatu dan kaum dhuafa sesuai dengan tema Qurban yaitu “Dengan berqurban kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan kepedulian antara sesama warga Pengadilan Agama Ambon dan Masyarakat”. Sedangkan kupon yang telah dibagikan oleh panitia yaitu sebanyak 300 kupon.

Proses pembagian hewan Qurban kali ini sama seperti tahun kemarin yakni Panitia membuat 3 (tiga) kelompok yang bertugas melayani pembagian hewan Qurban : “Kelompok 1 (satu)” melayani pembagian dari nomor kupon 1 s/d 84, “kelompok 2 (dua) dari nomor kupon 85 s/d 190 dan “kelompok 3 (tiga)” dari nomor kupon 191 s/d 300. Pembagian kelompok ini dimaksudkan supaya dalam pembagian daging qurban dapat berjalan dengan tertib dan lancar, dan Alhamdulillah dengan cara tersebut pembagian daging qurban dapat dilaksananakan dengan tertib dan lancar.

Ketua Panitia Drs. Ali Karepesina (Wakil Panitera) mengucapkan “Syukur Alhamdulillah karena pelaksanakan penyembelihan hewan qurban dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jumlah hewan yang diqurbankan tahun ini juga cukup banyak yakni 6 (enam) ekor sapi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya”. ini adalah sebagai wujud kebersamaan, kepekaan serta kepedulian kita terhadap sesama. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia serta Pegawai Pengadilan Agama Ambon yang telah ikut berpartisipasi demi terselengaranya kegiatan ini, Semoga dengan semangat berqurban yang dilaksanakan ini dapat menimbulkan solidaritas, kebersamaan kita untuk melanjutkan kegiatan qurban ditahun berikutnya. Dan semoga Allah SWT meridhoi dan menerima amal ibadah kita, Amin (Ags)