Ambon | www.pa-ambon.go.id

Jum’at (30/09/2016), acara pelepasan Mahasiswa dan Mahasiswi Magang IAIN Ambon Fakultas Syariah Kelompok I s/d IV yang berjumlah 99 orang, dilaksanakan di depan ruang sidang Pengadilan Agama Ambon. Dalam acara pelepasan tersebut dihadiri oleh Ketua PA.Ambon Drs. H. Ediwarman, SH., MH, Hakim PA. Ambon, Panitera PA. Ambon, Sekretaris PA Ambon, Wapan PA. Ambon, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pengadilan Agama Ambon serta Mahasiswa dan Mahasiswi Magang IAIN Ambon.

Sambutan Waka PA Ambon Drs. Tukacil, MH mengawali acara pelepasan ini selaku Koordinator Pembimbing Eksternal PA Ambon memberikan penjelasan tentang teknis dan pola bimbingan dan juga pola penilaian selama mahasiswa (i) mengikuti magang di PA Ambon.

Dosen Pembimbing dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Husen Maswara, M.THi, beliau menyampaikan, acara pelepasan ini adalah suatu hal yang baru dilaksanakan, karena di tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilaksanakan acara pelepasan seperti ini, ini adalah suatu hal yang baru katanya, beliau memberikan apresiasi kepada seluruh Mahasiswa dan Mahasiswi Magang pada kali ini dan banyak kreasi yang baik.

Kemudian beliau menambahkan Magang merupakan suatu rutinitas yang dilaksanakan dari tahun ke tahun oleh Fakultas Syariah IAIN Ambon ke lembaga-lembaga Peradilan, beliau berharap dari Mahasiswa dan Mahasiswi yang telah melaksanakan Magang beberapa hari di PA.Ambon, sudah barang tentu telah memperoleh sedikit pengetahuan yang bersifat praktis, secara khusus untuk mata kuliah yang terkait dengan pelaksanaan Magang yaitu Hukum Acara dan mata kuliah Peradilan, dan dua mata kuliah tersebut telah diperoleh dikampus kemudian disini adalah tempat dimana mempraktekkannya, mulai dari proses penerimaan perkara sampai pada proses pemeriksaan perkara.

Husen Maswara, M.THi, mengucapkan terima kasih kepada Ketua PA Ambon, Waka PA Ambon dan seluruh Pihak yang turut aktif dan membantu dalam proses Magang, mengizinkan para Mahasiswa untuk ikut masuk melihat proses persidangan secara langsung. Beliau juga berharap bekal yang telah diperoleh di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri harusnya dapat diingat dan dipahami oleh Mahasiswa dengan baik agar apa yang didapatkan ditempat Magang dapat diimplementasikan dengan baik di kampus.

Mengawali sambutannya Ketua Pengadilan Agama Ambon Drs. H. Ediwarman, S.H., M.HI menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Fakultas Syariah, yang mempercayakan kepada Pengadilan Agama Ambon untuk membimbing Mahasiswa Fakultas Syariah melalui Magang dalam hal Prosedur berperkara di Pengadilan Agama. Walaupun waktunya sangat singkat tetapi beliau berharap semoga Mahasiswa Magang ada sedikit pengetahuan yang di dapat dan memahami Prosedur berperkara di Pengadilan Agama dengan baik, beliau mengucapkan permohonan maafnya apabila ada pelayanan atau pengetahuan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Ambon sangat terbatas, berhubung karena waktu yang diberikan oleh pihak Fakultas sangat singkat dan jumlah Mahasiswanya sangat banyak.

Beliau juga menambahkan adapun pengetahuan yang didapat mahasiswa tidak utuh, mungkin pada saat masuk dalam persidangan langsung pada tahap pembuktian dapat ditanyakan pada kelompok lain, karena semestinya persidangan itu ada tahapannya, misalnya mediasi, setelah mediasi maka akan memasuki pemeriksaan perkara dan seterusnya. Namun berhubung waktu yang diberikan pihak Fakultas sangat singkat, mudah-mudahan para Mahasiswa dapat merangkum informasi dari kelompok-kelompok lain agar semuanya menjadi lengkap.

Drs. H. Ediwarman, S.H., M.HI, menambahkan mungkin pengalaman yang didapatkan Mahasiswa sangat minim namun pihak Pengadilan Agama Ambon tetap membuka hati bagi Mahasiswa yang ingin bertanya atau berkonsultasi terhadap hal-hal dianggap masih kurang paham. Diakhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Syariah IAIN Ambon atas kesediaannya telah menimba ilmu pengetahuan di Pengadilan Agama Ambon dan beliau berharap ilmu pengetahuan yang didapat di Pengadilan Agama Ambon semoga menjadi bekal untuk menjadi calon pemimpin masa depan.

Kemudian acara ditutup dengan menyerahan kenang-kenangan dari Mahasiswa dan Mahasiswi Magang Fakultas Syariah IAIN Ambon berupa Buku sebagai tambahan buat Perpustakaan Pengadilan Agama Ambon, yang diserahkan langsung oleh Husen Maswara, M.THi dan diterima oleh Drs. H. Ediwarman, S.H., M.HI. (Ags).