www.pa-ambon.go.id|Selasa, 22 November 2016

Bertempat di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Buru, Asisten II Setda Kab. Buru  H. Karim Tukan, S.Sos., MM Membuka kegiatan Pelayanan Terpadu Kepemilikan Status Hukum Perkawinan dan Kependudukan di Kabupaten Buru Tahun 2016. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara pemerintah kabupaten buru dengan Pengadilan Agama Klas IA Ambon dan kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru.

 

Dalam sambutan Asisten II Setda Kab. Buru  H. Karim Tukan, S.Sos., MM, berharap agar kegiatan ini selanjutnya dapat dipertahankan dan diadakan kembali, sebab sangat membantu masyarakat Pemerintah kabupaten Buru dalam memberikan status hukum perkawinan, sudah saatnya masyarakat Buru harus mempunyai sebuah lembaga peradilan agama yang dapat membantu dan bekerja sama dengan Pemkab Buru dalam tertib administrasi perkawinan Kab. Buru sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berimplikasi pada kepastian hukum terhadap status perkawinan, anak dan harta perkawinan.

Lebih lanjut H. Karim Tukan, S.Sos., sangat berterima kasih kepada instansi-instansi yang terlibat sehingga dapat diselenggarakannya kegiatan ini.

Drs. H. Pelmizar, M.HI (Wakil Ketua PTA Ambon) juga menyampaikan sambutan dalam kegiatan ini menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Buru, Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kab. Buru serta Kementrian Agama kab. Buru, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Nota kesepahaman antara Pemerintah Daerah Kabupaten buru dengan pengadilan Agama ambon dan kantor kementerian Agama Kabupaten buru Nomor : 900/02, W24.A1/423/HM.01.1/III/2016, Kd.25.04/1/HM.01.1/124/2016, tentang pelayanan terpadu kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan di Kabupaten Buru.

Sidang Itsbat Terpadu kali Pengadilan Agama Ambon mengirimkan 6 Majelis Hakim Tunggal dan Panitera Pengganti untuk menyidangkan 84 Pasangan dengan rincian : 1. Kec. Namlea 15 Pasangan, 2. Kec. Liliali 6 Pasangan, 3. Ke. Waplau 10 Pasangan, 4. Kec. Fenaleisela 8 Pasangan, 5. Kec. Waeapo 22 Pasangan, 6. Kec. Lolongguba, 8 Pasangan, 7. Kec. Air Buaya 4 Pasangan, 8. Kec. Wailata 6 Pasangan, 9. Kec. Batabual 5 Pasangan. Pelayanan Terpadu kepemilikan Status Hukum dan kependudukan kali ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 22 s/d 23 November 2016 bertempat di Aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru. (agus)