Senin (11/10/18) Pengadilan Agama Ambon Klas IA dikunjungi oleh tim pengawas PTA Ambon yang terdiri dari Drs. H. Thamzi SH. (Hakim Tinggi) sebagai ketua tim yang beranggotakan Drs. Hambali Barmula,SH.MH, (Panitera Muda Hukum), Onny Ulath, S.HI (Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga), H. Junaidi S.Ag( Kasubbag Keuangan dan Pelaporan) Ridwan Andjas Saleh, S.Sos (Kasubbag Rencana Program dan Anggaran).

Ketua tim, Drs. H. Thamzi SH.  mengemumakan, pengawasan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PTA Ambon kepada seluruh pengadilan agama yang berada diwilayahnya sebagai evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja yang dicapai pengadilan agama selama ini.  

Sejalan dengan hal tersebut, anggota menyampaikan bahwa "pengawasan sebagai salah satu bentuk kontrol sebagai upaya untuk mengembangkan pola peradilan agama yang lebih modern, yang lebih terarah dan lebih profesional."

Perlu diketahui bahwa tim pengawas melaksanakan kegiatannya dibidang administrasi perkara, keuangan, umum, kepegawaian serta manajemen dan organisasi peradilan.

Ketua PA Ambon Klas IA Drs. H.M Syaukany, MHI mengatakan bahwa dengan pengawasan yang dilakukan oleh PTA Ambon, melihat kinerja dan optmalisasi kinerja PA sedang dinilai untuk dapat meningkat ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, setelah dilakukan pemeriksaan oleh PTA Ambon, dilanjutkan dengan ekspose yang pada kesimpulannya ada beberapa temuan yang menjadi catatan dalam pemeriksaan, namun menurut ketua tim “temuan ini merupakan upaya untuk meningkatan kinerja yang lebih baik, diharapkan untuk melakukan tindak lanjut secara serius atas temuan tersebut, dengan cara melakukan perbaikan atau melengkapi segala kekurangan yang ditemukan, dan diharapkan bahwa temuan ini tidak terulang lagi dalam pengawasan kedepan.