Ambon Rabu 21 Maret 2019. Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawasaan daerah (Hatibinwasda) Pengadilan Tinggi Agama Ambon ke  Pengadilan Agama Ambon Kelas IA  dengan rombongan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Bapak Drs. M. Shaleh. M.hum. selaku Ketua Team dengan Hakim Tinggi PTA Ambon Bapak Drs. Moh. Yasya, S.H., M.H  dan Panitera PTA Ambon Drs. Hairil Anwar, M.H, Drs Ismail Sangaji  dan Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Ambon Bapak Magalub Salamun, S.H bersama Afwan arsyad AMd , pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Ambon Kelas IA , seluruh hakim, pejabat fungsional dan pejabat kesektariatan dan pegawai pada Pengadilan Agama Ambon Kelas IA  berkumpul di ruang sidang Utama  Pengadilan Agama Ambon Kelas IA .

 

Setelah melakukan Pemeriksaan selama 2 Hari akhirnya Tim Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Kelas  berjalan lancar, dan menurut Ketua Tim Pengawas ada temuan temuan dibagian perkaraan perlu diperbaiki. Secara umum tugas administrasi kesekretariatan Pengadilan Agama Ambon Kelas IA sudah dilaksanakan dengan baik, namun diharapkan kedepan agar dapat ditingkatkan ketelitiannya. Kepada para petugas Administrasi Perkara maupun administrasi umum agar melaksanakan tugas dengan baik, proporsional

beberapa temuan yang harus segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait, agar dalam pengawasan dan pembinaan berikutnya tidak ada lagi temuan yang sama seperti temuan pada pengawasan kali ini, di samping itu selaku koordinator tim pengawas ia juga sangat menekankan adanya kontrol langsung dari Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Ambon Kelas IA  terhadap tindak lanjut dari hasil evaluasi dan pengawasan ini, serta selalu menjaga kekompakan dalam pelaksanaan tugas.

Usai penyampaian ekspose hasil temuan tersebut Ketua Pengadoilan Agama Ambon kelas IA Drs. H. M Syaukany., MHI mengajak seluruh Pegawai untuk berkomitmen dan berjanji untuk segera menindaklanjuti semua hasil temuan yang telah disampaikan.