Bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A para pimpinan Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A, yakni Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural serta Pegawai maupun Honorer di lingkungan Pengadilan Agama Ambon Kelas I.A mengikuti apel pagi di hari senin 22/07/2019. Hal ini merupakan suatu rutinitas yang dilaksanakan setiap hari senin pagi di Pengadilan Agama Ambon.

 

 

 

Sekretaris Pengadilan Agama Ambon, H. Muhammad Ali B., S.Ag bertindak selaku Pembina Apel, didalam sambutannya beliau menyampaikan 2 hal kepada peserta apel. Yang pertama mengenai kunjungan kerja bersama Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Ambon di Medan dalam rangka menghadiri acara “Penutupan Proyek EU-UNDP SUSTAIN”. Dalam penyampaiannya beliau mengatakan UNDP-SUSTAIN bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI melakukan pembaruan peradilan melalui sistem pengawasan, manajemen perkara, pelatihan teknis dan manajemen SDM. Untuk itu diharapkan agar seluruh komponen ASN peradilan khususnya Pengadilan Agama Ambon dari hasil kerjasama tersebut dapat menjadi bekal dapat meningkatkan kedisiplinan, kompetensi dan kinerjanya. Apalagi zaman sekarang ini kita dihadapkan pada zaman digitalisasi, sehingga sebagai ASN harus berusaha dan berupaya untuk mampu mengikuti dan terlibat dalam perubahan tersebut. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pengadilan-pengadilan di negara lain seperti Belanda, Sistem peradilannya sudah menggunakan sistem digitalisasi yaitu sistem yang penanganan berkas perkaranya tanpa menggunakan kertas. Oleh karena itu Mahkamah Agung untuk kedepannya akan menerapkan sistem digitalisasi tersebut ke seluruh pengadilan-pengadilan di seluruh Indonesia.

Penyampaian kedua beliau menyampaikan informasi bahwa telah dikeluarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian / Inpassing. Oleh karena itu kepada pegawai Pengadilan Agama Ambon yang berminat dan memenuhi syarat sesuai bidang dan kompetisinya, diharapkan bisa mendaftarkan diri dan melengkapi berkasnya serta menyerahkan kepada bagian kepegawaian yang nantinnya akan diusulkan ke pusat melalui Pengadilan Tinggi Agama Ambon.