Kiri, Petugas Informasi sedang memberikan data Informasi kepada Achmad Fikri Rasyidi dan Kanan, MaPPI FHUI sedang melakukan tanyajawab kepada Ketua, Pansek, Wasek dan Petugas Meja Informasi

Ambon | www.pa-ambon.go.id

Rabu (14/10/2014), Pengadilan Agama Ambon kedatangan 2 (dua) orang Mahasiswa dari Fakultas Hukum Indonesia yang terdiri dari Achmad Fikri Rasyidi (Peneliti) dan Aulia Ali Reza (Asisten Peneliti), kedatangan Mahasiswa Fakultas Hukum Indonesia ini langsung disambut dengan hangat oleh Ketua PA. Ambon Drs. H. Ediwarman  S.H., MHI, Drs. Bachtiar (Panitera/Sekretaris) dan Ismail Difinubun, S.Ag., MH (Wakil Sekretaris).

Mengawali kedatangannya Achmad Fikri Rasyidi dan Aulia Ali Reza menyampaikan maksud kedatangan mereka ke pengadilan Agama Ambon yaitu untuk mengadakan penelitian mengenai keterbukaan informasi di PA. Ambon sesuai dengan surat tugas yang telah diberikan oleh Koordinator Badan Pekerja Masyarakat Pematau Peradilan Indonesia Choky Risda Ramadhan, S.H.,LL.M dengan Nomor : 231/H2.F5/MaPPI/A1/X/2014. Achmad Fikri Rasyidi juga menyampaikan sebelum ke Pengadilan Agama Ambon Achmad Fikri Rasyidi dan Aulia Ali Reza juga sudah melakukan Penelitian tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan Negeri Ambon dan Pengadilan di Pekanbaru, totalnya ada 9 (sembilan) propinsi untuk di adakan penelitian di Pengadilan masing-masing. Dan hasil dari Penelitian tersebut akan di presentasikan.

MaPPI FHUI didampingi petugas  IT sedang melihat Aplikasi SIADPA PLUS dan WEBSITE

Diruang Ketua Pengadilan Agama Ambon Achmad Fikri Rasyidi dan Aulia Ali Reza langsung melakukan proses tanya jawab kepada KPA. Ambon, Pansek, Wasek, Petugas Informasi dan IT seputar SK NO. 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang keterbukaan informasi yang telah di laksanakan di Pengadilan Agama Ambon. Semua pertanyaan yang tanyakan dapat dijawab dengan baik dan didukung oleh data yang ada, dan data tersebut diserahkan sebagai pelengkap dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Setelah sesi tanya jawab selesai, Achmad Fikri Rasyidi dan Aulia Ali Reza langsung menuju ke ruang IT untuk melihat Aplikasi SIADPA dan Website dan ternyata hampir semua Informasi yang dicari telah disediakan di Website maupun di Aplikasi SIADPA, “semua Informasi ada, kalau semua Pengadilan Agama seperti ini, bisa jadi Pengadilan Agama jadi yang terbaik dari pengadilan-pegadilan yang lain. cetus Aulia Ali Reza (Asisten Peneliti)”

 

MaPPI FHUI foto bersama dengan KPA. Ambon, Pansek, IT dan Petugas Informasi

Sebelumnya Achmad Fikri Rasyidi sudah menggunakan toolscreen untuk melihat Informasi yang telah disediakan sedangkan Aulia Ali Reza ke ruang tunggu sidang untuk melihat jalannya proses persidangan dan informasi-informasi yang disediakan di ruang tunggu sidang. Kemudian mereka juga ke Meja Informasi untuk menanyakan hal-hal seputar Pelayanan Informasi yang diberikan kepada Pemohon Informasi, pertanyaan dan data pendukung mengenai pelayanan Informasi pun dapat diberikan dengan lengkap oleh Petugas Informasi.

Setelah semua data dan Informasi telah terkumpul Achmad Fikri Rasyidi dan Aulia Ali Reza berpamitan dan mengucapkan terimakasih atas Pelayanan yang telah diberikan oleh Pengadilan Agama Ambon. (IT)