Ketua  Pengadilan Agama Ambon kelas I A, Drs. H.M. Syaukany MHI  melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional di bidang Pustakawan atas nama Rahma Tuhulaula. Rahma Tuhulaula sebelumnya menjadi staf di kepaniteraan sejak tahun 2015 sampai tahun 2019. Selain bekerja sebagai  pegawai  Pengadilan Agama Ambon  saat ini dia sedang menjalankan pendidikan sarjana di Universitas Darussalam Ambon.

Pelantikan jabatan pustakawan ini berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Agama Ambon, pada hari Jumat tanggal 1 November 2019.  Pelantikan tersebut dihadiri oleh pejabat struktural, pejabat fungsional dan staf pegawai Pengadilan Agama Ambon. Dengan adanya jabatan pustakawan diharapkan dapat memberi kontribusi yang besar untuk peningkatan kualitas SDM di Pengadilan Agama Ambon.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Ambon, Ketua Pengadilan Agama Ambon Drs. H. M. Syaukany, MHI memimpin acara Wisuda Purnabakti Hakim Pengadilan Agama Ambon atas nama Drs. Salahuddin Latukau, MH dan Pelepasan Purnabakti Panitera Pengganti atas nama Hj. Ismiati Traya, SHI. Acara pelepasan purnabakti yang dirangkaikan dengan acara Ramah Tamah para purnabakti tersebut dengan para pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Ambon yang masih aktif berlangsung pada hari Jumat pagi, tanggal 8 November 2019.

 

Acara purna bakti ini merupakan suatu bentuk penghormatan, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada kedua pensiunan tersebut, yang telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Pengadilan Agama Ambon. Dalam pesan dan kesannya kepada teman-teman di Pengadilan Agama Ambon, kedua purna bakti berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Acara ditutup dengan prosesi bersalam-salaman para pegawai dan pensiunan dan beberapa lagu yang dibawakan oleh ibu Hj. Ismiati Traya, SHI.

Pengadilan Tinggi Ambon, Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan empat Lingkungan Peradilan Tingkat Pertama di kota Ambon (Pengadilan Negeri , Pengadilan Agama, Pengadilan Tata usaha Negara dan Pengadilan Militer), secara bersama-sama merayakan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019.

Perayaan HUT yang ke 74 Mahkamah Agung RI  ini diadakan di Pengadilan Tinggi Ambon dengan menggelar senam bersama segenap warga peradilan yang berada  di kota ambon pada hari Jumat, 16 agustus 2019. Para pejabat dan pegawai dari keempat lingkungan peradilan tersebut  mengikuti dengan penuh antusias kegiatan senam yang diadakan di halaman kantor  Pengadilan Tinggi Ambon.

Selain merayakan kegiatan senam bersama, keenam instasi peradilan itu mengadakan upacara bersama untuk memperingati HUT Mahkamah Agung RI yang ke 74. Pada hari senin,19 agustus 2019, Upacara dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi, dilanjutkan dengan tasyakuran dan makan bersama segenap warga peradilan dan anggota dharmayukti karini kota Ambon.

Senin, 21 Oktober 2019, bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Ambon kelas IA para pimpinan, hakim , pejabat struktural, pejabat fungsional, staf dan tenaga kontrak Pengadilan Agama Ambon melaksanakan apel pagi sebelum memulai  rutinitas perkantoran seperti biasanya. Dalam apel akan memudahkan penyampaian evaluasi kinerja, penguatan visi, misi dan sasaran sehingga prosentase pencapaian target dapat lebih dioptimalkan.

 

Ismail Warnangan,SH, MH,  salah satu Hakim di Pengadilan Agama Ambon bertindak selaku Pembina Apel. Pagi itu beliau menyampaikan dalam rangka menghadapi pelaksanaan assesmen eksternal APM gelombang II Tahun 2019, seluruh jajaran di Pengadilan Agama Ambon harus bekerja keras dan bekerjasama untuk dapat mempertahankan predikat excellent yang telah diraih Pengadilan Agama Ambon sebelumnya.  walaupun kota Ambon masih sering diguncang gempa beliau berpesan agar kita selalu semangat.

Dalam rangka menyemarakkan HUT Republik Indonesia dan HUT Mahkamah Agung RI yang ke 74, Pengadilan Agama Ambon Kelas 1 A mengadakan kegiatan kejuaraan tenis meja dan bakti sosial ke Panti Asuhan Yayasan Al-Madinah Ambon.

  

Kejuaraan tenis meja dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Ambon, Drs. H.M. Syaukany, MHI. Kegiatan ini  berlangsung pada hari Kamis 15 agustus 2019 dan diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional, staf pelaksana dan tenaga kontrak. Kejuaraaan berlangsung selama 1 hari dan dimenangkan oleh Ketua Pengadilan Agama Ambon ( Drs. H.M. Syaukany., MHI) yang berpasangan dengan Panitera  Pengadilan Agama Ambon, Drs. Bachtiar sebagai juara pertama.

Sedangkan kegiatan bakti sosial diadakan pada hari Minggu, 18 agustus 2019. Dalam Bakti Sosial, para pegawai Pengadilan Agama Ambon mengumpulkan beras, mie instan, telur dan bahan sembako lainnya untuk diberikan ke Panti Asuhan Al Madinah yang berlokasi di desa Batu Merah Ambon. Pemberian  bantuan ini langsung dipimpin oleh ketua Pengadilan Agama Ambon.