Proses penyembelihan Hewan Qurban di PA. Ambon

Ambon | www.pa-ambon.go.id

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah yang jatuh pada hari Minggu 05 Oktober 2014. Pengadilan Agama Ambon melaksanakan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan pada Senin 06 Oktober 2014 pukul 08.30 WIT sehari sesudah Idul Adha. Idul Adha 1435 H kali ini Pengadilan Agama Ambon mengqurbankan 5 (lima) ekor sapi dan 1 (satu) ekor kambing, sumbangsih dari para pegawai PA. Ambon.

Pemotongan hewan qurban ini dilaksanakan di halaman belakang Kantor Pengadilan Agama Ambon yang disaksikan oleh Ketua dan Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, para Pegawai serta Panitia qurban Pengadilan Agama Ambon. bertindak selaku penyembelih hewan Qurban adalah Drs.Abd. Haji Latua. S (Panitera Muda Gugatan), yang dibantu oleh tenaga ahli untuk menguliti. Setelah hewan qurban dipotong dan dikuliti, maka para Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Ambon secara bersama-sama dan bahu membahu dalam memotong daging qurban untuk ditimbang sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.

Setelah daging qurban dikantongi dan dikumpulkan, Rusna Styastuti, SH (Panmud Hukum) memimpin jalannya pembagian daging qurban yang diperuntukkan kepada yang berhak yakni fakir miskin dan kaum dhuafa sesuai dengan tema Qurban yaitu “dengan ibadah qurbannya warga Pengadilan Agama Ambon Klas IA kita pupuk rasa kebersamaan, kepekaan dan kepedulian terhadap kaum dhuafa dan masyarakat miskin”. Sedangkan kupon yang telah dibagikan oleh panitia sebanyak 270 kupon kepada masyarakat yang berhak menerima.

Proses pembagian hewan Qurban kali ini sama seperti tahun kemarin yakni Panitia membuat 3 (tiga) kelompok yang bertugas melayani pembagian hewan Qurban : “Kelompok 1 (satu)” melayani pembagian dari nomor kupon 1 s/d 98, “kelompok 2 (dua) dari nomor kupon 99 s/d 196 dan “kelompok 3 (tiga)” dari nomor kupon 197 s/d 270. Pembagian kelompok ini dimaksudkan supaya pembagian daging qurban berjalan dengan tertib dan lancar. Alhamdulillah dengan cara tersebut pembagian daging qurban selesai lebih cepat dari yang diperkirakan.

Pejabat maupun Pegawai bahu membahu memotong daging untuk di timbang

Ketua Panitia Drs. Bachtiar (Panitera/Sekretaris) mengucapkan “Alhamdulillah pada tahun ini kita dapat melaksanakan penyembelihan hewan qurban dengan lancar dan jumlah hewan yang diqurbankan juga cukup banyak yakni 5 (lima) ekor sapi dan 1 (satu) ekor kambing. ini adalah sebagai wujud kebersamaan, kepekaan serta kepedulian kita terhadap sesama. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Panitia serta Pegawai Pengadilan Agama Ambon yang telah ikut berpartisipasi demi terselengaranya kegiatan ini, Semoga dengan semangat berqurban ini dapat menimbulkan lagi rasa kebersamaan kita untuk melanjutkan kegiatan qurban ditahun berikutnya. Dan semoga Allah SWT meridhoi dan menerima amal ibadah kita, Aamiin. “Jazakumullah Khairan Katsiran” (TIT)