Ambon | www.pa-ambon.go.id

Senin 17 November 2014, Pengadilan Agama Ambon melaksanakan kegiatan Apel Pagi yang diikuti oleh Ketua dan Wakil Ketua, Hakim, Panitera Sekretaris, Wakil Panitera, Wakil Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Pegawai dan Pegawai Honorer Pengadilan Agama Ambon, bertindak selaku pembina Apel adalah Drs. H. Ediwarman, S.H., MHI (Ketua Pengadilan Agama Ambon) dan Nur Narahaubun sebagai pemimpin barisan.

Dalam amanatnya Ketua Pengadilan Agama Ambon Drs. H. Ediwarman, S.H., MHI menyampaikan bahwa ada empat hal yang harus dilaksanakan, yang pertama Pengadilan Agama Ambon harus melaksanakan apel pagi setiap harinya yaitu pada pagi dan sore hari. Sebagaimana beliau menanggapi positif amanat yang disampaikan oleh Bapak Wakil Sekretaris Pengadilan Agama Ambon pada apel pagi yang dilaksanakan pada hari senin sebelumnya, yaitu untuk segera melaksanakan apel pagi dan sore setiap harinya dan apel akan di laksanakan 15 menit sebelum masuk dan pulang kantor. ‘jadi tidak ada salahnya jika kita melaksanakannya “ujarnya”, ini demi keseragaman dan kedisiplinan kita kemudian Beliau juga menyampaikan sudah banyak instansi-instansi lain yang sudah melaksanakan hal demikian, ide-ide yang semacam ini yang beliau tunggu-tunggu, karena datangnya dari bawah bukan dari pimpinan jadi mulai hari ini kita apel pagi dan pulang setiap hari ‘tegasnya’.

Yang kedua beliau mengucapkan sukur karena sholat berjamaah sudah semakin baik hanya beberapa orang saja yang belum bisa mengikuti sholat berjamaah, jadi beliau menyampaikan kedepan agar sholat berjamaah lebih diramaikan lagi minimal sholat dzuhur atau ashar harus berjamaah. Kemudian yang ketiga senam pada setiap dua minggu sekali yang dilaksanakan pada hari jumat, beliau sangat menanggapi posisitif hal tersebut, karena dengan senam kita dapat bergembira bersama, semangat bersama dan sehat bersama, untuk itu beliau menghimbau kepada semua pegawai agar dapat mengikuti senam yang dilaksanakan setiap jumat agar kebugaran dan kesehatan kita tetap terjaga. Menurut beliau senam juga merupakan sebuah refresing dimana setelah kita bekerja juga harus diimbangkan dengan berolahraga, apalagi senam dilaksanakan hanya satu bulan 2 kali, untuk itu harus dimanfaatkan dengan baik agar tetap sehat dan bugar. Semakin sehat kita, semakin bersemangat juga buat kita untuk  melaksanakan tugas kita.

Kemudian yang terakhir mengenai kebersihan kantor dan lingkungan kantor, menurut beliau  pemerintah telah melaksanakan apa yang dinamakan dengan jumpa berlian (jumat pagi bersihkan lingkungan anda) untuk itu beliau menganjurkan agar Pengadilan Agama Ambon juga harus melaksanakannya, minimal dua minggu sekali. Jadi dua minggu sekali kita senam dan dua minggu sisanya kita melaksanakan jumpa berlian demi menjaga kebersihan kantor agar tetap terlihat bersih, yang dibersihkan juga bukan hanya pekarangan-pekarangan saja melainkan juga ruangan-ruangan kita. Siapa lagi yang mau bersihkan kalau bukan kita “ujarnya”, Islam itu dekat dengan kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman. (IT)