Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Portal Pengadilan Agama Ambon

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ambon, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Ambon

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas

Written by Super User on . Hits: 108

PENGEMBANGAN TECHNOLOGY AND INNOVATIONCOURT ENVIRONMENT SEBAGAI ZIRAH PERADILAN ELEKTRONIK
(Sebuah Inspirasi Dari Tokoh Iron Man The Avengers)

Oleh : Muhamad Tambusai Ad Dauly, S.H.I., M.H.
Hakim Pengadilan Agama Pematangsiantar

Kita semakin yakin jika teknologi adalah karunia terbesar atas hasil ijtihad imajinasi manusia di setiap peradaban, baik itu dalam realita maupun kisah fiksi. Bahkan Albert Einstein yang telah duduk dalam singgasana ilmuwan besar di dunia pernah berceloteh syarat makna. 1 Celotehan beliau yang penulis jadikan salah satu pondasi dalam tulisan ini adalah “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, menstimulasi kemajuan dan melahirkan evolusi”. 2 Kekuatan imajinasi menjadi bukti lahirnya evolusi teknologi dalam film fiksi Iron Man, seorang manusia biasa dengan kecerdasan luar biasa yang menjelma menjadi pahlawan umat manusia.

Dalam realita, khususnya di Indonesia, evolusi teknologi ini kemudian perlahan-lahan meresap ke dunia peradilan melalui celah biopori inovasi yang mengubah sisi administasi sampai melahirkan proses e-litigasi. Keberhasilan inovasi teknologi di bidang peradilan ini bagaikan tokoh Iron Man yang berhasil mengalahkan Thanos ketika semua hero lain yang notabenenya adalah manusia super tetapi mengalami kewalahan. Thanos sebagai musuh dalam konteks peradilan yang harus dikalahkan dengan inovasi teknologi adalah keterlambatan (delay), masalah keterjangkauan (access), problem integritas (integrity) serta tambahan menurut penulis adalah pandemi.


Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ambon Kelas I A

Jl.Raya Kebun Cengkeh, Batu Merah Atas, Ambon - 97128

Telp. : (0911) 349 815

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

SOSMED

facebook     instagram     youtube

IT Pengadilan Agama Ambon © 2019